Cara Membuat Umpan Sabiki dengan Sederhana

Cara membuat Umpan Sabiki dengan Sederhana – Umpan sabiki pasti sudah sahabat pancing ketahui, khususnya untuk yang hobi mancing di laut. Bagi yang suka mancing dengan cara memakai umpan hidup tentu tidak asing dengan istilah Sabiki Rig atau Kotrekan.



Kotrekan adalah mancing ikan kecil seperti ikan selar, ikan kembung, dan jenis ikan kecil lainnya, yang mana nantinya dibuat menjadi umpan lagi untuk memancing ikan yang lebih besar lagi seperti ikan tuna, ikan tenggiri, ikan marlin dan jenis lain yang masuk daftar ikan pelagis. Sebetulnya Umpan Sabiki yang dijual itu enak digunakan, tinggal pakai serta tidak ribet, namun masih banyak kekurangan antara lain kail/hook yang terlalu kecil dan kebanyakan berwarna emas mudah patah, serta warna bulu atau manik manik yang berbagai macam. Hal ini kadang-kadang justru membuat ikan malah tidak mau memakan umpan sabiki tersebut.

Membuat umpan sabiki sendiri tentu lebih menyenangkan karena banyak peralatan membuat umpan sabiki yang dijual terpisah, sehingga kita tinggal merangkainya saja sesuai keinginan kita sendiri. Dari pengalaman, para nelayan kalau membuat umpan sendiri dengan membuat kotrekan dengan sangat sederhana. Tapi para nelayan tersebut lebih mempunyai pengalaman dari pada pemancing. Saya pernah lihat sendiri bekas botol shampo yang warna putih dipotong oval seperti bentuk ikan, katanya dengan umpan seperti ini saja sudah sering mendapat ikan. Mancing huhate atau mancing ikan tuna memakai umpan bulu warna putih, hasilnya ternyata banyak ikan tuna yang terangkat. Meskipun tetap memakai chuming atau umpan yang dilempar supaya ikan tetap ngumpul di area tersebut.

Kesimpulannya bahwa ikan di laut mudah di tipu dengan warna putih dan warna keperakan seperti warna kulit ikan, dari sinilah timbul ide membuat umpan sabiki. Sebetulnya tidak sengaja juga sih waktu ke toko benang untuk jahit, mata tertuju pada manik manik warna putih sama abu- abu terus muncul ide buat rangkaian sabiki experiment di mana kemampuan umpan menipu ikan masih belum terbukti karena belum diujicobakan nanti kalau sudah diujicobakan dan gimana hasilnya akan saya tulis di artikel selanjutnya.

Demikian adalah artikel mengenai cara membuat umpan sabiki. Intinya para sahabat pancing harus selalu bereksperimen dengan umpan yang pas sampai menemukan yang cocok. Sekian dari mancingikan.com dan terima kasih.

Semoga dapat bermanfaat untuk sehabat pancing. Salam pancing.

1 Komentar untuk "Cara Membuat Umpan Sabiki dengan Sederhana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel