Cara Jitu Memancing Sotong atau Cumi-cumi

Memancing Sotong - Sebelum kita memancing cumi-cumi sebaiknya kenali dulu sifat dari cumi cumi. Cumi-cumi adalah hewan kelompok cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut, cumi mempunyai pertahan diri yaitu tinta hitam yang mana akan di semprotkan bila merasa terancam

Memancing cumi-cumi bisa pakai umpan udang, ataupun umpan palsu antara lain squid jig, capela, udang-udangan. Namun lebih di sarankan pakai umpan palsu karena sotong atau cumi-cumi mempunyai kemampuan mata yang tajam, jadi umpan dengan warna yang sangat cerah mampu menarik perhatian cumi-cumi atau sotong

cara memancing sotong/cumi-cumi

Adapun jenis cumi-cumi atau sotong yang menjadi target buruan adalah :

  • Cumi Karang
  • Cumi Jauhi
  • Cumi Calamari
  • Bigfin
  • Sotong
  • Bahkan gurita

Untuk tipe umpan cumi di kelompokan menjadi 3 jenis :


  1. Untuk perairan dangkal, semi floating dengan timah kecil biasanya di gunakan di perairan antara 1 hingga 2 meter.
  2. Untuk perairan sedang, sallow dengan timah sedang biasanya di gunakan di perairan dengan kedalaman antara 3 hinga 4 meter.
  3. Untuk perairan dalam, deep timah besar dengan kedalaman lebih dari 4 meter.
Cara yang paling umum di gunakan untuk mancing adalah casting/troling, namun tehnik lain juga tidak masalah. Sebaiknya kalau ingin menggunakan umpan pakai ukuran yang paling kecil dulu, setelah itu naik satu ukuran bertahap coba amati mana ukuran yang paling sering di gondol cumi cumi dan juga coba ganti ganti warna.


teknik casting saat mancing cumi-cumi


Pada saat mancing sotong atau cumi-cumi di malam hari gunakan umpan yang berfosfor atau warna yang agak mencolok di malam hari. Apabila cara casting usahakan menggulung reel secara kontiyu dan usahakan tidak pakai gerakan gentak seperti casting ikan predator karena hanya akan menakuti cumi-cumi atau sotong kalau pakai troling jalankan perahu atau kapal dengan kecepatan rendah. Kalau mancing malam gunakan lampu untuk menarik perhatian cumi cumihindari mancing cumi cumi di arus yang besar biasanya cumi cumi akan menghindari air yang berarus besar.

Sekian informasi cara memancing sotong/cumi-cumi diatas dapat bermanfaat untuk para sahabar pancing. Silahkan dicoba cara mancing sotong atau cumi diatas apabila anda sedang ingin memancing di hewan berkaki delapan diatas. Semoga bermanfaat untuk anda dan happy fishing.

Belum ada Komentar untuk "Cara Jitu Memancing Sotong atau Cumi-cumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel