Penjelasan Sedikit tentang Mata Kail

Penjelasan tentang Mata Kail - Mata kail adalah ujung tombak dari rangkaian mancing yang bertugas menancapkan ke mulut ikan dan kebanyakan dari kita hanya tahu kail saja, sebetulnya model kail itu sangat banyak sekali bisa di bilang ratusan atau lebih tapi secara garis besar di bagi beberapa saja yang sesuai dengan peruntukanya
penjelasan mata kail


Mari kita kenali satu - satu bagian dari kail seperti gambar di atas :

1. Eye
2. Shank
3. Overallhook lenght
4. Bend
5. Gap/gape
6. Brab
7. Point 

  • Eye ada dua model yang satu ada lobang di tengah yang satunya pipih dan melebar fungsinya adalah untuk pegangan kenur atau tempat mengikat kenur dimana kalau kenur di ikat ke eye tersebut akan sulit lepas karena sebagai penahan.
  • Shank adalah badan mata kail yang di mulai dari ujung paling atas atau eye sampai batas di mana awal bengkoknya mata kail, panjang pendeknya shank ini tergantung sesuai peruntukanya kalau pendek biasanya di pakai buat tehnik mancing fly dan mata kail ini mata kail yang paling umum sering kita gunakan untuk mancing baik kolam, sungai, atau waduk bahkan yang mancing di laut pun masih banyak yang menggunakan mata kail ini ,kalau yang panjang lebih ke buat mancing dengan tehnik umpan buatan seperti kotrekan /sabiki yang di pasangi sedotan, ataupun umpan sabiki yang sering di jual di toko ,atau buat umpan hidup ,dan umpan yang besar.
  • Overallhook lenght atau panjang keseluruhan dari mata kail itu sendiri.
  • Bend adalah panjang lengkung dari mata kail.
  • Gap/gape adalah jarak antara shank dan point / mata kail dimana jarak yang terlalu lebar biasanya buat mancing troling dan sejenisnya
  • Barb atau mungkin kalau bahasa kita taji ini berfungsi untuk mengunci ikan supaya tidak mudah lepas makanya kalau kita sebagai pemancing secara tidak sengaja menancap di angota tubuh kita bisa di pastikan sulit keluar kalau gak di paksa di robek sedikit tapi sakitnya yang luar biasa ya di bagian ini,sebetulnya ada tehnik melepas yang mudah nanti akan saya tulis di artikel saya yang lain, biasanya untuk para pemancing c & r  ( catch and realese ) barb ini aka di kikir di hilangkan dulu supaya mudah kalau melepaskan ikan lagi dan kemungkinan hidup si ikan lebih besar.
  • Point  adalah ujung dari mata kail yang lancip ,tajam dan tidaknya dari point ini biasanya di bedankan dari harga di mana kalau harga yang agak mahal memang sangat tajamdari yang saya jelaskan di atas itu hanya nama dari bagian mata kail untuk jenis jenis mata kail.
Demikian adalah pengetahuan mengenai mata kail. Semoga penjelasan sedikit diatas dapat menambah pengetahuan sahabat pancing tentang mata kail. Sahabat pancing juga dapat menambahkan dengan memberi komentar dibawah.

Sekian dan terima kasih. Salam pancing.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Sedikit tentang Mata Kail"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel