Tips Mancing Ikan Nilai di Waduk atau Danau

Tips Mancing Ikan Nila - Di indonesia mancing ikan nila sepertinya menjadi ikan yang terfavorit untuk di pancing karena penyebaran ikan ini yang sudah merata di seluruh indonesia bahkan di semua waduk dan danau ikan ini mudah beradaptasi dan berkembang biak.

Memancing di danau atau waduk tentu berbeda mancing dengan di sungai untuk mancing supaya mendapatkan ikan dengan maksimal ada beberapa yang harus di perhatikan. Jorang beda tempat biasanya berbeda pula joran yang di pakai ada yang pakai joran tegek ada yang pakai joran dan reel ini masalah kebiasaan dan kenyamanan saja, apabila pakai joran tegek pakailah joran yang panjang 3,5  meter ke atas semakin  panjang semakin bagus kalau danau atau waduk banyak tanaman enceng gondok sebaiknya gunakan joran tegek saja ? karena tidak ribet nanti tersangkut enceng gondok.

cara mancing ikan nila di waduk
cara mancing ikan nila di waduk
Kalau untuk joran tegek yang panjang dan memakai umpan lumut sebaiknya di kasih pemberat sedikit supaya di saat melempar akan mudah apalagi kalau ada angin percaya deh walau jarak lempar hanya sepanjang joran kalau tidak pakai pemberat akan kesulitan melempar. Pakai pemberat sedikit saja atau pemberat berbentuk lembaran bisa di setel dengan kekuatan pelampung kalau terlalu berat pelampung harus besar tidak enak di lihat.

Umpan untuk mancing ikan nila di waduk dan di danau biasanya pakai umpan lumut dan pelet. Untuk lumut sendiri ada dua jenis yaitu umpan lumut kopyok dan lumut jaring. Lumut Kopyok memiliki karakter lumut ini halus seperti rambut dan biasanya tumbuh subur di sawah yang ada tanamanya selad air atau orang jawa bilang selada/sedaer lumut ini mudah sekali busuk kalau tidak bisa penangannya dengan baik

Lumut jaring karakter lumut ini kasar seperti jaring banyak tumbuh di  areal sawah tanaman padi dan lumut ini tahan lama tidak mudah busuk. Tidak ada cara khusus perawatanya bahkan satu minggu umpan ini tidak di masukan air di taruh di kulkas masih bagus. Untu cara penggunaan umpan ini tambah saja eses atau feromon akan manjur di pakai.

Menentukan lokasi mancing/spot mancing sangat penting sekali biasanya kalau hari ini mancing di satu spot dan ikan nya banyak besok di datangi lagi masih kemungkinan ikan ada sangat besar dan ini sudah sering dipakai dengan metode tanya ke teman mancing spot mana yang kemaren mancing dapat ikan banyak ?

Saat kita sudah menetukan spot mancing langkah pertama chuming dulu spotmancingnya atau ngebom istilah di sini yaitu kalau kita mancing pakai umpan pelet buat pelet yang keras buat bulatan yang besar lempar di spot tujuan mengundang ikan kalau pakai umpan lumut buatlah bulatan lumut di campur tanah lempar ke arah spot kalau gak pakai tanah lumut akan mengambang dan melebar kemana mana tentu tidak efektif buat ngebom. 

cara mancing nila
cara mancing nila
Kalau pakai umpan pelet pakailah tehnik dasar kalau pakai umpan lumut setting kail di tenggah karena sifat ikan ini yang termasuk jenis ikan permukaan  ikan gak akan makan bila suhu terlalu dingin ikan akan makan kalau suhu hangat dan ikan juga gak makan kalau posisi lagi di permukaan karena mereka lagi sibuk cari oksigen jadi sebaiknya mancing pagi hari sama sore hari ikan lagi getol getol nya makan.

Baca Juga : Cara Membuat Umpan Ampuh Ikan Nila

Demikian adalah tips mancing ikan nila di waduk. Untuk anda yang hobi mancing di waduk silahkan dicoba tips diatas. Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam hal memancing. Sekian dari mancingikan dot com. Selaman mencoba sahabat pancing.

1 Komentar untuk "Tips Mancing Ikan Nilai di Waduk atau Danau "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel