Mengenal Karakteristik Ikan untuk Hasil yang Maksimal

Mengenal Karakteristik Ikan untuk Hasil yang Maksimal – Sahabat mungkin sangat erat sekali berhubungan dengan ikan, tentu akan lebih mantap lagi kalau sahabat mengenal sifat-sifat ikan dimana jika kita sudah paham berbagai karakteristik ikan maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan ikan.



Berikut ini kita akan pelajari karakteristik ikan yang berkaitan dengan kebiasaan pola makan, dan juga kebiasaan cara makan, kalau kedua hal ini kita abaikan maka bisa jadi kita memancing tetapi tidak mendapat hasil yang maksimal, bahkan bisa jadi umpan ikan tidak dapat sambaran sama sekali.

Ada 3 hal yang harus sahabat pelajari dan ketahui dalam memancing ikan :
1. Kalau kita sudah mengetahui pola makan ikan dan cara makan ikan kita bisa menentukan di mana posisi yang bagus untuk mancing..?
2. Rangkaian apa yang harus di gunakan …?
3. Umpan apa yang harus di siapkan …?

Kalau ketiga hal diatas kita praktekkan maka kemungkinan untuk mendapat ikan akan lebih besar dari pada yang hanya sekedar memancing.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang 3 kategori karakteristik ikan sesuai dengan kebiasaan makan ikan, yaitu :

1. Ikan Permukaan 

Ikan permukaan adalah ikan yang memiliki kebiasaan untuk mencari makan di permukaan air, dan hidupnya lebih sering berada di permukaan air. Contoh ikan golongan ini adalah : ikan nila, ikan mujair, ikan gurami.
Jika mau memancing ikan jenis ini, maka alat pancing yang tepat digunakan adalah rangkaian posisi kail di tengah atau mengambang. Selain itu pelajari juga makanan apa yang sering diberikan untuk jenis ikan tersebut, sehingga bisa menggunakan umpan ikan yang sesuai.


2. Ikan Tengah 


Ikan tengah ini diikategorikan “tengah” karena sifatnya hanya sekali-sekali mengapung ke permukaan air untuk mengambil oksigen, kebiasaan makan ikan ini ada di perairan tengah dan kadang ikan ini juga berenang di dasaran juga.  Jenis ikan ini antara lain adalah ikan mas atau ikan tombro, dan ikan bawal juga masuk dalam kategori ini. Tentu sahabat pancing sudah punya gambaran rangkaian umpan yang cocok dan posisi kail yang cocok untuk ikan jenis ini.

3. Ikan Dasaran 

Ikan dasaran adalah ikan yang kebiasan berenang dan mencari makan di perairan dasar hanya sekali-kali muncul ke permukaan air. Ikan jenis ini adalah ikan lele, dan sejenisnya termasuk pating dan keting.

Setelah kita mengenal beberapa karakter ikan, masih ada satu hal lagi yang harus diperhatikan bahwa ikan juga dibagi dua dalam hal waktu mencari makan yaitu ikan yang waktu makannya di siang hari dan ikan yang waktu makannya di malam hari. Contoh ikan yang waktu makannya di malam hari adalah ikan Lele, dan contoh ikan yang waktu makannya di siang hari adalah ikan nila, ikan gurami, dan lain-lain

Itulah beberapa karakteristik ikan yang harus sahabat pancing ketahui dan pahami. Apabila sahabat sudah mengetahui berbagai karakter ikan maka diharapkan akan lebih mudah untuk mendapatkan strike.

Sekian artikel tentang mengenal karakteristik ikan untuk hasil yang maksimal, dari mancingikan.com semoga dapat bermanfaat bagi sahabat pancing dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Karakteristik Ikan untuk Hasil yang Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel