Apa itu Rumpon dan Penjelasannya

Apa itu Rumpon dan Penjelasannya – Bagi sahabat pancing yang punya hoby mancing di laut tentu tidak asing dengan kata rumpon. Dalam bahasa kelautan, definisi rumpon adalah karang buatan yang bertujuan sebagai tempat berlindungnya ikan atau sebagai rumah ikan yang di buat oleh manusia. Tentu rumpon tidak bisa langsung jadi, membutuhkan waktu yang berbulan-bulan agar ikan mau berkumpul di rumpon tersebut.


Tujuan dibuatnya Rumpon

Tujuan dari rumpon adalah agar nelayan bisa dengan mudah menangkap ikan jenis predator yang punya harga nilai tinggi antara lain ikan tuna, ikan tongkol, ikan cakalang, madidihang, layang, marlin, giant travely, dan lain sebagainya.


Jenis-Jenis Rumpon yang perlu diketahui

Menurut sumber wikipedia, Rumpon mempunyai beberapa jenis antara lain :


1.Rumpon Perairan Dasar

Rumpon Perairan Dasar adalah alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada dasar perairan laut.

2.Rumpon Perairan Dangkal

Rumpon Perairan Dangkal adalah alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada perairan laut dengan kedalaman sampai dengan 200 meter.

3.Rumpon Perairan Dalam

Rumpon Perairan Dalam adalah alat bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada perairan laut dengan kedalaman diatas 200 meter.

Sedangkan bila dilihat dari informasi Kementrian Kelautan dan Perikanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka rumpon hanya dibedakan menjadi dua jenis saja yaitu :
1. Rumpon Laut Dalam
2. Rumpon Laut Dangkal

Sedangkan rumpon di Laut Indonesia banyak diaplikasikan di beberapa daerah seperti : Gorontalo, Pulau Jawa Bagian Selatan, dan Papua. Keuntungan bagi nelayan pada saat menerapkan rumpon adalah lebih mudah menangkap ikan tertentu dengan nilai ekonomis yang tinggi sehingga hal ini tentunya dapat meningkatkan penghasilan para nelayan.

Cara Membuat Rumpon

Asal mula rumpon terbuat dari dahan sejenis pohon kelapa, kayu atau bambu, yang dibenamkan di dalam laut ditambah dengan pemberat. Kalau sekarang, rumpon lebih banyak dibuat menggunakan ban bekas khususnya bagi para nelayan yang ada di Pulau Jawa.

Cara membuat rumpon kurang lebih adalah seperti ini, Ban bekas diikat dan diatur sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk dari karang, yang berfungsi sebagai pelindung ikan-ikan kecil dari ikan besar sebagai predator tentu tak jauh dari situ karena di rumpon juga sumber makanan mereka. Sekarang kalau sahabat pancing tahu tentang rumpon, mungkin dapat sahabat pancing gunakan untuk menangkap ikan yang lebih besar dengan peluang catching yang lebih besar juga dengan bantuan rumpon ini.


Demikian artikel mancingikan.com mengenai apa itu rumpon dan penjelasan lebih jauhnya. Apabila sahabat mempunyai pengalaman mancing yang menarik dapat dikirimkan ke mancingikan.com agar para sahabat pancing lainnya juga mengetahui. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Rumpon dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel