Jenis Alat Pancing dan Kegunaannya


Jenis Alat Pancing dan Kegunaannya - Memancing adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Ini adalah kegiatan yang sempurna untuk menjauh dari kota, bersantai, dan mungkin membawa ikan buruan untuk makan malam. Jika Anda belum pernah mencobanya, kami sangat menyarankan Anda melakukannya. Tetapi sebelum Anda keluar dengan teman-teman Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda miliki di kotak peralatan Anda.

Jika Anda seorang pemula, Memilih alat pancing yang sesuai bisa sangat membingungkan. Ada banyak jenis Joran pancing, reel, tekel, dan aksesori yang dapat Anda temukan di pasaran , ​​belum lagi masing-masing memiliki fitur yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Pemancing, atau nelayan yang berburu dengan menggunakan kail pancing, terbiasa membawa kotak pancing yang penuh dengan peralatan memancing, tetapi setiap kotak akan memiliki barang-barang utama yang sama selain dari pancing dan reel pancing tradisional Anda.

Di bawah ini Anda akan menemukan apa yang dimiliki sebagian besar  pemancing dalam gudang senjata mereka, sehingga Anda dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang cara kerja memancing dan apa yang Anda butuhkan untuk mulai memancing.

Peralatan Memancing untuk Pemula


Dalam artikel ini, kami akan informasikan semua yang Anda butuhkan mulai dari Joran dan reel hingga item peralatan yang lebih kecil, seperti kenur, kail, pemberat, umpan hidup, umpan buatan, twist, dan alat potong. Jangan khawatir, perlengkapan memancing pemula yang akan kami daftarkan umumnya murah dan tersedia di toko memancing setempat.

Joran dan Reel Pancing





Joran Pancing adalah Joran ramping yang terbuat dari bahan yang fleksibel namun tahan lama , biasanya fiberglass atau grafit yang digunakan untuk memungkinkan Anda melemparkan pancing lebih jauh dan lebih dalam ke dalam air. Mereka dapat diklasifikasikan berdasarkan kekuatan , daya tanggap, Kelenturan, dan lancip.

Memilih joran yang tepat untuk Anda harus bergantung pada jenis penangkapan ikan yang akan Anda lakukan. Jika Anda baru memulai, gunakan joran dengan kekuatan sedang sehingga Anda dapat mengangkat berbagai jenis ikan, dan cukup responsif sehingga Anda dapat dengan mudah merasakan ketika ikan menggigit dan memungkinkan Anda dengan cepat menariknya dari air. Panjang ideal Joran harus sekitar 30 sentimeter lebih panjang dari tinggi badan Anda.

Adapun reel pancing Anda, Alat yang melekat pada joran untuk membantu memutar kenur dan menarik tangkapan. Mereka ringan, terjangkau, dan mudah ditangani. Reel spinning, khususnya, cukup fleksibel karena baik untuk memancing dari pantai, di dermaga, atau saat berada di atas kapal.

Saat Anda memancing di perairan tepi pantai yang dangkal, joran panjang dengan tali harus cukup untuk menangkap ikan kecil. Namun, ada juga banyak jenis Joran dan reel biasa dan ramah anggaran yang bisa Anda beli.

Kenur pancing




Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda akan membutuhkan tali pancing. Sebenarnya, reel baru Anda mungkin sudah datang dengan satu atau dua kenur, tapi ingat untuk selalu membawa ekstra. Adalah normal jika tali pancing tersangkut atau pecah, baik karena tertancap pada kayu atau digigit oleh ikan yang sangat kuat.

Anda juga akan menginginkan berbagai string sederhana atau tali yang dirancang khusus untuk memancing, dengan kekuatan dan bobot yang berbeda. Banyak dari mereka diklasifikasikan berdasarkan kemampuan cast, visibilitas, dan elastisitasnya yang semuanya berbeda dalam kekuatan tergantung pada jenis ikan apa yang Anda pancing.

Kondisi lingkungan yang kasar membutuhkan kenur pancing yang lebih berat dan lebih kuat, sementara perairan yang jernih biasanya membutuhkan kenur yang tipis dan jernih seperti kenur yang dikepang sehingga ikan Anda tidak lari darinya. Anda mungkin juga ingin mencoba kenur monofilamen, yang sangat ramah pengguna dan mudah untuk diikat.

Ingatlah bahwa Anda seharusnya tidak memiliki kenur kurang dari 250 meter di reel Anda.

Banyak reel pemula juga memiliki tali pancing yang sudah tergulung di reel. Tetapi jika reel Anda tidak, Anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri .


Kail Pancing




Selain dari kenur, Anda pasti perlu menyimpan berbagai macam kail ikan untuk menangkap ikan dengan ukuran berbeda. Kail ini digunakan untuk menangkap ikan dengan menusuk mereka di mulut ketika mereka datang untuk menggigit, meskipun dalam beberapa kasus mereka akhirnya terjebak di tubuh ikan.

Ada juga berbagai jenis kail, seperti tunggal, ganda, lingkaran, dan treble. Tetapi jika Anda seorang pemula, sebaiknya mulai dengan satu kail. Ukuran berkisar dari angka 32 terkecil hingga 19/0 terbesar. Cari tahu bagaimana Anda dapat mengatur kail dan hampir semua pancing lainnya dengan mudah:


Umpan



Cacing sebagai umpan hidup untuk memancing

Umpan adalah apa yang Anda lampirkan di ujung kenur untuk menarik ikan. Pilihan terbaik biasanya umpan hidup. Kemudian lagi, berbagai jenis ikan tertarik untuk jenis makanan berbeda. Anda harus siap dengan salah satu dari dua umpan hidup paling umum dan efektif: cacing dan ikan kecil. Pilihan murah lainnya termasuk belatung, jagung, roti smoosh, marshmallow, atau potongan hotdog.

Anda bisa mendapatkan umpan hidup di toko umpan setempat atau hanya menggali cacing di halaman belakang rumah di malam yang berembun, menyimpannya dalam kaleng dengan rumput dan tanah, dan menempatkan wadah di tempat yang dingin dan teduh sampai Anda siap untuk membawa mereka keluar.

Umpan buatan




Umpan pancing pada dasarnya adalah umpan buatan yang dirancang untuk meniru ikan asli agar mendapat perhatian dari pemangsa. Nelayan menyimpan ini di kotak pancingnya jika mereka kehabisan umpan hidup atau hanya lebih suka menggunakan plastik, yang tidak bergerak. Bagi beberapa orang, beragam umpan membuatnya lebih mudah untuk berburu jenis ikan tertentu dan memungkinkan mereka untuk berhasil dalam berbagai cuaca dan kondisi air.

Misalnya, umpan berwarna terang sangat ideal untuk hari yang cerah dan air jernih, sedangkan umpan berwarna gelap digunakan pada hari berawan dan di perairan keruh. Cacing plastik dua ton dengan kepala lebih gelap dan warna ekor cerah juga bagus untuk air keruh.

Cacing plastik terutama yang berekor panjang juga sangat efektif jika Anda memancing. Bahkan, banyak pemancing suka dengan warna-warna tertentu dari umpan buatan, sehingga mereka tetap menggunakannya.


Pelampung /Bobbers





Juga dikenal sebagai Pelampung atau floaters, bobbers membantu menjaga umpan Anda lebih dekat ke permukaan dan memberi tahu Anda ketika seekor ikan tertarik dengan umpan Anda. Anda akan melihat bobber tenggelam ketika seekor ikan menggigit umpan, dan ini akan menjadi sinyal untuk menarik tangkapan Anda. Peran penting ini membuat bobber menjadi bagian penting dari gudang peralatan memancing Anda.

Seperti umpan dan umpan Anda, Anda memiliki beberapa pilihan dalam hal bobbers. Yang tradisional terbuat dari gabus dengan batang di dalamnya sehingga Anda dapat mengikatnya dengan tali. Yang paling populer dan umum digunakan adalah plastik bundar merah dan putih, yang bagus karena mudah dipasang ke kenur tetapi dapat membatasi seberapa dalam Anda melemparkannya. Ada juga bobbers slip yang lebih memanjang, yang bisa Anda geser ke atas dan ke bawah dan dapat membantu Anda memasukkan kail lebih dalam ke dalam air.

Cobalah untuk tidak membuat kesalahan dengan membeli bobbers yang terlalu besar. Sangat penting untuk memiliki bobber yang mengapung tetapi juga akan tenggelam begitu ikan mengambil umpan Anda, jadi lebih baik mendapatkan yang lebih kecil dan lebih responsif.

Sinkers




Peralatan penting lain yang Anda butuhkan adalah sebuah sinker atau pemberat. Untuk setiap baris yang Anda lemparkan, Anda harus memasang satu sehingga kenur Anda akan stabil ketika kail dan umpan ringan Anda tenggelam lebih dalam. Pastikan Anda memiliki banyak tambahan di tangan karena Anda mungkin akan kehilangan mereka di beberapa titik selama sesi memancing yang panjang.

Sinkers secara tradisional terbuat dari timah, tetapi yang lebih baru lebih ramah lingkungan, seperti kuningan, tungsten, baja, dan bismut. Mereka juga datang dalam berbagai bentuk dan bobot, tergantung pada seberapa dalam Anda ingin kail Anda pergi.

Anda juga bisa mendapatkan sinkers tembakan split kecil, yang merupakan bulat sangat kecil yang Anda dapat dengan mudah memotong dan mematikan kenur Anda. Selain membantu Anda memegang umpan dekat dengan kedalaman yang Anda inginkan, tembakan terpisah dapat membuat bobbers yang lebih lama berdiri di atas air ketika ditumpuk di bagian bawah bobber Anda.

Swivel




Anda akan menemukan bahwa beberapa umpan dan umpan buatan akan membuat kenur Anda berputar dan berputar sampai kenur Anda terpelintir. Swivel dapat berfungsi sebagai alat penghubung antara kenur Anda dan umpan dan memungkinkan yang terakhir untuk berputar dan bergerak bebas seperti dalam kasus umpan hidup tanpa mempengaruhi kenur Anda.

Swivel itu sendiri memiliki lingkaran di setiap ujungnya, tetapi Anda dapat memasukkan snap untuk membantu menghemat waktu dan upaya dalam memasang berbagai umpan, umpan, dan kenur. Namun perlu dicatat bahwa benturan pada snap snap dapat dengan mudah pecah, terutama ketika menangkap ikan yang lebih besar. Untungnya, harganya sangat murah, jadi sebaiknya Anda membeli yang berkualitas baik.

Tang Potong




Tang Potong sangat berguna untuk mengeluarkan kail dari tangkapan Anda, jadi Anda tidak harus mengambil risiko melukai diri sendiri dengan gigi tajam atau ujung kail. Anda juga mungkin membutuhkannya untuk melepaskan kail dari kulit Anda, jika terjadi kecelakaan.

Pada dasarnya setiap tang potong akan melakukan, tetapi Anda akan ingin berinvestasi dalam yang stainless steel dan mungkin dengan ujung yang bengkok, sehingga lebih mudah untuk menarik kail dan / atau menekuknya untuk kurva yang lebih baik.

Pemotong Kenur




Tali pancing dirancang agar sangat kokoh, sehingga Anda pasti membutuhkan pemotong untuk menyiapkan jalur baru atau untuk keluar dari hambatan. Apa pun bisa dilakukan, tetapi nelayan biasanya mencari yang sekecil mungkin, seperti gunting kuku atau pisau, sehingga mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam kotak peralatan., Gunakan saja pisau yang tajam dan praktis yang juga dapat membantu Anda memotong umpan menjadi potongan-potongan kecil.

Baca Juga : Perbedaan Kenur dan senar PE yang wajib diketahui oleh Pemancing

Demikianlah artikel mengenai Jenis alat pancing dan Kegunaannya, semoga bisa menjadi bahan referensi anda sebelum mulai memancing.



Belum ada Komentar untuk "Jenis Alat Pancing dan Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel